Jumat, 23 Oktober 2015

Batik Malang


1.      Sejarah Batik Malang
Batik Malang biasa disebut Batik Malangan jawa timur. Batik Malang memang belum sepopuler batik yang ada di daerah Jawa namun keindahaan Batik Malang tidak kalah bagusnya dengan batik yang ada di daerah lain karena memiliki corak batik tersendiri yang khas dan unik seketika. Malang sejak masa Kerajaan Kanjuruhan maupun Kerajaan Singosari telah memiliki ciri khas batiknya namun karena pada masa itu Malang sebagai pusat kekuasaan yang mengedepankan ilmu kanuragan dan kadigdayaan untuk mendukung stabilitas kekuasaan sehingga perkembangan batik justru terabaikan begitu saja.
Batik Malang diawali dari batik khas pedalaman Malang yang telah dipakai dalam upacara adat sejak sebelum tahun 1900-an waktu itu. mempunyai motif Sidomukti Malang dengan hiasan kotak putih di tengah yang biasa disebut Modhang Koro batik. dipakai sebagai udheng (laki-laki) dan sewek (perempuan) dalam acara resmi untuk semua lapisan masyarakat malang.

2.      Tahapan Proses Pembuatan Batik
Tahapan proses pembuatan batik Druju adalah Persiapan dan pemotongan bahan utama sesuai dengan bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk yang diinginkan, Menjahit bahan utama menjadi produk yang diinginkan, Membuat pola motif pada bahan utama, Pemberian lilin dengan cara mencanting, mencap atau perpaduan antara keduanya, Pewarnaan dengan menggunakan zat warna naphtol, Pelorodan, dan Penjemuran.

3.      Warna dan Motif Batik Malang
Batik Malang antara lain mempunyai motif Sawat Kembang Pring (motif bambu Jawa sakbarong) Dele Kecer (hijau-merah) Teratai Singo Kembang Kopi (gambar kopi dibelah dua berwarna hitam) Kembang Juwet (biru-hijau) Kembang Tanjung (kuning-sawo matang bentuk bunga bulat tengah pinggir bergerigi) Kembang Jeruk (coklat) Kembang Manggar (putih-kuning) Kembang Mayang (merah-kuning) dan Kembang Padma (teratai) dan lain sebagainya unik pokonya.
Batik yang menjadi ciri khas Malangan tersebut dapat diperoleh dari candi-candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan dari abad ketujuh tempo dulu.
Salah satu motif yang unik dan khas dari Batik Malang yaitu motif Malang Kucecwara malang. memiliki filosofi yang mendalam yaitu terdapat simbol gambar Tugu Malang Mahkota Rumbai Singa Bunga Teratai Arca dan Sulur-sulur serta isen isen belah ketupat bentuknya.
Batik malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung cerah, misalkan saja warna hijau kemudian di timpa dengan warna putih, kemudian bahan berwarna putih di timpa dengan merah. Rata – rata batik malangan ini ber pola seperti bunga dan tanaman, walaupun memang ada beberapa motif yang menggambarkan kejujuran, keberanian , dan singosari, seperti misalnya motif malangan yang hanya bermain di warna saja tanpa adanya pola yang membentuk sebuah benda.
4.      Contoh Batik Malang
a.       Batik malang motif teratai singo
b.      Batik malang motif malang tugu
c.       Batik malang motif bunga teratai